Pengikut

Mengenai Saya

DKI Jakarta Terpadat, Jakut, tapi akhir-akhir ini Jakbar, Indonesia
sombong, sok, angkuh, nyolot, belagu, sifat dasar manusia yang amat teramat melekat di gue

Sabtu, 07 Oktober 2017

Sebelum Naik Batukaru (Untuk Dokumentasi Pribadi Ajah)

Gue berangkat ke Bali bareng sama dua orang temen kantor gue, satu cewek (sebut aja si Qiqiw) satu cowok (sebut aja Wiro Sableng). Yang cowok ini kebetulan orang Bali, jadi buat elo-elo pada yang baca blog gue buat bekal perjalanan ke Batukaru mungkin agak kurang bisa mengenyangkan kali ya soalnya perjalanan kita itu banyak banget terbantu berkat koneksi nya si Wiro Sableng sebagai orang Bali.

Untuk profile kita masing-masing secara singkat juga bukan yang udah professional banget. Si Qiqiw itu baru pertama kali banget nyobain naik gunung, awalnya dia ga mau banget deh naik gunung, tapi karena gue sama si Wiro Sableng maksa dan jahil tiketnya kita sengaja beliin duluan jadi dia ga bisa berkelit lagi (diganti tapinya), mau ga mau dia ngikut juga deh hahah.. Kalo si Wiro Sableng udah lebih hatam naik gunung dia, mungkin diantara kita bertiga cuman doi yang bisa disebut pemain normal (bukan professional juga tapi). Sedangkan gue sendiri sebelum-sebelumnya udah sering outdoor activities tapi untuk real gunung yang bener-bener mendaki berjam-jam baru kali ini mau nyoba.

Sebelum gue pergi ke Batukaru ini, gue sempet melakukan riset kecil-kecilan via Google Web Search. Namun gue sulit banget menemukan review tentang pengalaman mendaki ke Batukaru ini, rupanya masih jarang banget orang yang mendaki gunung ini. Sebagai orang yang baru aja mendaki Gunung Batukaru, gue jujur bilang dengan sepenuh hati bagus deh orang jarang banget yang naik ini gunung. Soalnya gunung ini masih lumayan cukup perawan kalo gue bilang. Hutannya masih rapet kalo kata si Wiro Sableng. Dan gue merasa lebih baik Batukaru tetap demikian adanya. Janganlah dia tersentuh tangan-tangan manusia yang mengaku pendaki tapi melakukan perbuatan yang ga bertanggung jawab, nanti jatuhnya kayak gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa.
Yak mari gue mulai sharing pengalaman gue yang sangat berbekas banget di hati gue ini.

Selasa (19 September 2017) malem jam 19.30 gue berangkat naik Air Asia kelas Ekonomi, nyampe sekitar jam 22.30 di Ngurah Rai dan kita langsung dijemput sama temennya Wiro Sableng. Kita langsung naik Gunung Batur malem itu juga. Pengalaman naik Gunung Batur gue ceritain di post lain aja ya.

Turun dari Gunung Batur itu besok paginya sekitar jam 8.30. Sebenernya rencana awal kita pas masih di Jakarta, setelah turun Gunung Batur, mau lanjut Gunung Agung, tapi kebetulan banget saat itu Gunung Agung lagi erupsi (status Waspada), jadi kita change plan ke Gunung Abang. Tapi rencana tinggallah rencana. Capek bener woii abis dari Gunung Batur kagak pake istirahat semenjak turun pesawat, lutut gue pake cidera juga. Buset waktu itu kita jadi mikir banyak gaya banget kita ini waktu di Jakarta mau naik tiga gunung marathon sekaligus. Gugurlah gunung ke-dua kita ini, mungkin next time ya.

Instead of, kita memutuskan untuk save tenaga buat naik Batukaru besokannya.Yaudah kita langsung diajak nyari makan ikan gurame nyak nyat di sekitaran situ, terus lanjut ke rumah temennya si Wiro Sableng di daerah Desa Tengkudak. Sebut aja temennya si Wiro Sableng ini Bli Sarutobi. Selama perjalanan ke rumah si Bli Sarutobi ini kita bertiga tepar di mobil, secara kita belum istirahat dari detik pertama nyampe di Bali.

Nyampe rumahnya si Bli Sarutobi di Desa Tengkudak udah agak sore, ternyata gue baru tau kalo rumahnya itu bener-bener persis banget di bawah kaki Gunung Batukaru, bener-bener cuman 5 menit naik motor dari rumahnya ke pura Batu Kau (pintu masuk jalur Desa Tengkudak). Si Wiro Sableng dan Bli Sarutobi dan Bli supir berbincang-bincang hangat sebentar, ternyata mereka bertiga saling berteman satu sama lain semua. Setelah itu Bli supir pulang, lalu Bli Sarutobi ngajak kita makan rujak khas Bali di warung deket rumahnya. Rujaknya disuguhkan kayak asinan dengan kuah sambel rujak gula merah. Asem manis pedas, seger rasanya, plus dikasih minum air gula (padahal itu air sirup tapi si Bli Sarutobi nyebutnya air gula hahah), camilan yang pas banget deh buat kita yang abis letih lesu seharian di kasih yang seger-seger gitu, hmmm mantap..

Lanjut dari makan rujak itu, di deket rumahnya ternyata juga ada pemandian air belerang. Wow! Ini yang bener-bener paling headline banget deh menurut gue selama perjalanan lima hari kita ini. Jadi, pemandian air belerangnya itu modelnya kayak saung di rumah makan gitu deh, jadi tempatnya open nature, namun dikasih sekat tinggi setiap ruangnya. biayanya IDR 20.000 / orang. Kita berendemnya per jenis kelamin, jadi gue ama Qiqiw, lalu Wiro Sableng dan Bli Sarutobi. Berendemnya di kasih batas waktu, bukan karena masalah komersil sepenuhnya, tapi katanya kalo berendem di air belerang lebih dari 20 menit malah jadi lemas. jadi kita cuman sekitar 30-40 menit doang  udah termasuk bilas.

Keluar dari berendeman belerang, udah maghrib. Kita kemudian diajak makan di sekitaran situ lagi ama Bli Sarutobi, makanannya murah-murah ga kaya Bali komersil yang selama ini gue tau. Sate 14 tusuk cuman IDR 10.000 cuy! Pokoknya gue bersyukur banget pergi kali ini karena bareng sama penduduk asli Bali nya, kalo ga budget kita bakal jebol banget!

Habis makan kita balik ke rumah Bli Sarutobi buat beberes persiapan besok naik Batukaru. Sebetulnya, jujur aja, gue ama Qiqiw sempet udah give up banget mau naik Batukaru itu malem. Lutut gue tuh bener nyeri banget dipake buat nekuk gitu atau turun tangga, cuman kita ga enak ama Wiro Sableng yang udah ngebawa kita dengan penuh kesabaran. Jadi kita tetep siap-siap aja itu malem.

Besok pagi nya kita bangun jam 7 pagi waktu Bali. Rencananya kita berangkat jam 9 pagi waktu Bali. Dan ini yang sampe hari ini gue masih bersyukur plus terheran-heran juga karena pagi itu pas bangun, gue ngerasa kok badan gue udah seger lagi udah ga selelah kemarin malam, lutut gue pun berangsur membaik, pokoknya fresh deh. Itu gue bener-bener takjub sendiri sih, dan gue percaya itu dikarenakan keajaiban pemandian belerang kemarin sore, entah benerean atau enggak sih. Kita dibeliin sarapan nasi kuning. Kali ini gue bilang kalo rasa nasi kuningnya hambar banget, dan kurang menggugah selera untuk sarapan hari itu. Tapi kalo mau naik gunung, makan itu penting banget loh. Jangan menyepelekan tenaga kita yang terkuras habis tanpa makanan loh, karena gue ngerasain sendiri pas turun dari Batukaru, malemnya maag gue kambuh.

Sebelum naik Batukaru, kita masih ada waktu buat diajak jalan sekitaran rumahnya Bli Sarutobi. Keren deh. Jadi jatuhnya kayak di Tegal Alang di Desa Tengkudak itu. Masih daerah sawah-sawah banget. Pemandangannya itu yang Bali tempo doloe yang belum terkomersilkan. Sekali lagi gue bersyukur banget gue dapet pengalaman yang ga komersil, lagi.